Tentang Hidup Saya

Tentang Rizqi, Saya harus berusaha supaya bisa menyantuni anak yatim, dhu'afa', shodaqoh, wakaf, jariyah dengan sebanyak-banyaknya
Tentang ajal, kematian adalah sesuatu yang paling dekat dengan saya, maka saya harus mempersiapkan diri untuk menyambutnya.
Tentang jodoh, dia pasti yang terbaik untuk saya dan saya juga yang terbaik untuk dia, harapannya saya dan dia sama-sama ikhlas, ridho, syukur, qona'ah, sabar, dan saling pengertian.
Tentang masa depan, saya tidak tahu, saya hanya bisa belajar dari masa lalu dan berusaha menjadi yang lebih baik.
Tentang harapan, saya kurang sabar saya hanya minta kepada Allah tergolong mina al-Shobirin, Al-Mukhlishin, Al-Mahbubin, Al-Mardliyyin, Al-Sholihin.
Tentang orang lain, mereka sebagai obyek pendidikan, jika saya tidak mau dilukai saya harus tidak boleh melukai, saya harus menghargai, tidak merendahkan karena belum tentu saya lebih baik dari mereka.
ALLAHU MA'II, ALLAHU NAADHIRII, ALLAHU SYAAHIDII.

Kamis, 10 Juni 2010

Cinta

Muqoddimah

رضيت با لله ربا وبا الاسلام دينا وبمحمد نبيا ورسولا

Aku rela Allah menjadi tuhanku ,Aku rela Muhammad menjadi Nabi dan Rosulku,Islam sebagai agamalku,

Aku cinta Allah.......

Aku cinta Rosulullah........

Bukan hanya sebatas manis dibibir, cinta memerlukan Pengorbanan dan pembuktian

Rosul mencintai Allah olehnya nabi menjalankan titahNya serta bersedia mengemban amanah Nya,Beliau serahkan jiwa raga. seluruh umat mencintai Rosul Maka segalanya dipersembahkan Teruntuk sang kekasih Muhammad Saw Bahkan nyawapun rela melayang jika itu yang dikehendaki dan dapat menyenangkan kekasih.

Jiwa yang kering akan bersemi oleh sinar cahaya kekasih, Kesadaran akan keagungan tuhan menjadi kian tumbuh dengan subur, manusia akan lebih mengenal siapa dirinya dan untuk siapa ia harus bercinta serta kenapa harus mencinta, Allah dan Rosulnya adalah yang pantas hanya dicintai

Buku kecil ini sebagai ungkapan lubuk hati bahwa penulis mencoba untuk membuktikan cinta pada sang Rosul dengan harapan cinta itu yang menghantarkan pada cahaya kesuksesan dihari ini dan yang akan mendatang dihari kemudian, sehingga apa pun yang menimpa mampu dicerna bahwa itulah yang terbaik karna hidup telah disecenario oleh Nya, Manusia sebagai pemeran maka harus mengerjakan yang terbaik sesuai titah sang sutradara, Pemeran harus tahu diri siapa dia dan apa yang harus ia actingkan sesuai dengan karakter pembawaan apakah ia aktor utama, pemeran antagonis dan atau lain sebagainya Yang jelas ia harus kerjakan titah itu dengan semaksimal mungkin dan selalu berada dijalanya.

Semoga dengan cinta akan menumbuhkan kesadaran kita sebagai hamba yang tidak bisa apa-apa yang selalu butuh pada yang maha kuasa Allah Swt.

KATA PENGANTAR

BagiNya seluruh pujian, harapan, penghormatan, pengaguman serta tumpuan hidup dan Dialah yang menghidupkan hidup dan mematikan mati.

Salam sejahtera teruntuk sang pelita jagad raya, pelipur jiwa, pelepas dahaga, penyejuk jiwa dan mata, sang idola bagi segenap alam semesta.

Sekian hari, bulan, tahun kita telah ditipu oleh lisan kita sendiri, lisan sering berkata “aku cinta Allah,aku cinta Rosululloh”namun itu hanya sebatas manis dibibir, hati dan perbuatan sering tidak sesuai dengan ucapan lisan.

Bagaimana tidak………….!!!.

Saat wajah menghadap Allah, lisan melafalkan kalimah sholat ternyata hanya sebatas lisan. Hati tanpa tersentuh sama sekali bahkan pikiran melayang di dunia maya yang tidak pernah kunjung berakhir .rayuan nafsu sering membuat hati luluh tidak berdaya, begitu juga kita sering bilang “Aku cinta Rosul, aku ummat Muhammad “ namun mana buktinya ………..!!!???

Kita tidak peduli dengan hari lahirnya ….

Kita tidak menghiraukan apa titahnya …..

Hati tidak tersentuh saat nama dan sifatnya disebut….

Kerinduan serta rasa cinta menjadi lamunan dan hayalan….

Namun begitu kita yakin bahwa ampunan Allah lebih dahulu dari pada murka atas semua dosa. bila kemarin belum bisa, maka sekarang lah saatnya demi meraih cita dan cinta, selangkah lebih maju, stap by stap kita coba dan terus mencoba, mengusir nafsu dengan cinta .

Cinta yang abadi dan hakiki bukanlah cinta monyet dan gombal .

Kita buktikan bahwa Allah dan Rosulnya adalah tempat mengadu, berbisik, mengeluh dan bercinta. Semoga kita tergolong pecinta ulung yang hati kita selalu terukir dengan nama Allah dan Rosulnya.

Malang,22-03-2009

Nur Aziz

ألمحبة

الله الذى خلق الانسان باختلاف انوا عهم صفة ولونا ولغة وقولاوفعلا

ودوّر بين قلو بهم المحبة والصبوة ليعيشوا مجاورة بغيراهلاك

وافسادمع التراحم والتحاب بينهم حتى تتصوّر حياة طيّبة

كما تضمن به الاية ياايها الناس اناخلقناكم من ذكروانثى وجعلناكم شعوباوقبائل لتعارفوا

(والمحبة) صفة محرقة تحرق كلّ شيئ ليس من جنسها. وقال ابن عربى

الحب التقاء الحبّ باالمحبّ حتى خالط جميع اجرائه واشتمل الصّماء

وقال العلامه أمين الكردى المحبة ميل الطبع الى الشئ لكونه لذيذاعند المحبّ

وقيل :

فميم الممات وحاء الحياة وباء البلاء وهاء الهناة

ومعنى المحبة العامي أنها صفة يملكها كلّ فردمن أفراد الناس ولكن يختلف

قدرا ومراتب بحسب كل فرد من المحبين وبحسب المحبوب ، فاذا وُجد الرجل

يحب إمرأة مثلا ونفس المرأه غير جميلة وجها وقامة الذي لم يحبّها غيره

قلا يخطأ ذلك الرجل لأنه يلتذ بها وقرة عينه بنظر ها ويحبها ان يصاحبها

والمجا لسة معها ولولم يذق شيئا غيره

ومعنى المحبة الحقيقي لايعرفه الا الله خالقها فا الانسان لايدرك معناها

الاّمعرفة علا متها وعاقبة أمرها وهي صفة ملكة تنبت وتنمّأ في دخول

القلب ليست لهاصورةولانوع

(فعلا متها كثيرة) منها ان يحبّ المحب

ذكر حبيبه فى اي مكان وحين. وقد قيل

CINTA

Allah yang telah menciptakan manusia dengan berbagai kepribadian baik sifat, ucapan, bahasa maupun budi pekerti dan Allah telah memutarkan perasaan cinta di antara hati mereka dengan harapan mereka dapat hidup bersandingan tanpa ada kekerasan dengan saling mengasihi dan mencintai sehingga akan terwujud sebuah kehidupan yang harmonis sebagaimana kandungan ayat” wahai manusia sekalian sesungguhnya kami telah menciptakan kalian semua dari laki-laki perempuan bangsa kabila agar kalian saling mengaenal".

Cinta adalah sifat yang panas membara yang dapat menghanguskan segala yang di anggap bukan dari jenisnya, Ibnu Arabi mendifinisikan cinta adalah bertemunya perasaan cinta dalam diri sang pencinta sehingga perasaan itu meresap diseluruh sendi dan mempunyai daya untuk mendoromg(motivator).

Maulana Amin Al Kurdi menginterpretasikan Cinta adalah condongnya karakter pada sesuatu yang di sebabkan oleh daya tarik pikat sesuatu itu terhadap yang mencintainya. Dalam kalam syair disebutkan

"mim-nya adalah mautun (mati)

"kha'- adalah hayat (hidup)

"ba'-nya adalah bala' (bencana)

"ha- nya adalah hanah(duka)

Artinya dalam bahasa arab cinta adalah Mahabbah, secara ma'na umum cinta adalah sifat yang setiap individu (everyone) telah memilikinya namun kadar volume dan tingkatanya tidak sama tergantung pada yang di cintai(al mah bub) bila terdapat seorang leleaki mencintai seorang wanita sedang kepribadian wanita secara fisiknya bukan tergolomg wanita yang cantik(don’t preety girl) baik wajah maupun body-nya dimana selain lelaki itu tidak ada yang mencintai maka lelaki tersebut tidak berhak disalahkan karna perempuan yang ia cintai adalah sosok wanita yang dapat memikat, meluluhkan hati, dapat menenangkan dan menyejukkan pemandangan,ia pun senang bersanding dengan wanita itu meskipun perasaan itu tidak di temukan oleh orang lain.

Ma'na cinta yang hakiki tiada yang mengetahuinya kecuali Allah dzat yang menciptakan cinta itu, manusia tidak mampu mencapai esensinya kecuali hanya meraba tentang tanda dan akibat serta aksi maupun reaksinya, cinta adalah sifat yang melekat dalam jiwa seseorang tumbuh dan berkembang didalamnya tiada berbentuk dan berwarna, Termasuk tanda –tanda cinta di antaranya ;

1.sang pencinta senang menyebut kekasinya dimanapun tempat dan kapanpun waktu

كيف ينسي المحب ذكر حبيب واسمه فى فؤاده مكتوب

قال الله تعالى ، انما المؤمنون الذين اذا ذكر الله وجلت قلوبهم

ومنها ان يحب من الحبيب رضاه كما قاله الشاعر

ومنى الحبيب من الحبيب لقاه

كان عبدا لبارى يرى شابا يرميه الصبيان با الحجارة وهم يزعمون انه مجنون ثم

يقربه عبدا لبارى فقال

اليك عني يا بطّال لوفقدته اقلّ من طرفةعين لمتّ من سا عتى وانشد

طلب الحبيب من الحبيب رضاه ومنى الحبيب من الحبيب لقاه

أبدا يلاحظ بعينى قلبه فا القلب يعرف ربه ويراه

يرضى الحبيب من الحبيب بقربه دون البعاد فمن يريدسواه

ومنها : وجودالعشق وهو انجذاب القلب الى مشاهدة المحبوب

ويقال هونارالله اشعلها فى قلو ب اوليائه حتى يحرق به مافى قلوبهم

من الخوا طروالارادات والعوارض والحاجات وهوناشئ عن المحبة

ليس فى قلوب المحبين الاالعشق والهم والقلق يتقنش بها وجه المحبوب

وذاته لايتلفظ من لسانه قول ولاأنين ولانداء الاذكراسم المحبوب

ونعته ، قدأفنى شوق المحب عقله وفكره حتى به تهيم كأنه مجنون

يتحدث نفسه بغيرموجب ظاهر يبكي بعدأن يضحك

"bagaimana sang pencinta lupa ingatan"

"Pada kekasih sang pelipur nurani"

"Sementara nama indahnya"

"Selalu terukir dalam lubuk hati"

2.senang bertemu sang kekasih

"tuntutan pecinta adalah rido sng kekasih"

"Harapan pecinta hanya bertemu kekasih"

Asyaih Abdu Al-Bari pada suatu ketika melihat seorang pemuda yang dilempar batu oleh anak –anak kecil mereka mengira pemuda itu adalah orang yang gila, lalu Abdu Al Bari medekatnya, sang pemuda berteriak" menyingkir dari ku wahai penganggur yang jelek andai aku kehilanganya aku akan mati seketika, lalu ia bersyair

"tuntutan pencinta ridla kekasih"

"Harapan pecinta bertemu kekasih"

"Hati selalu memandang kekasih"

"Hatimengerti tuhan dan melihatnya"

"Ridlo pecinta bersanding kekasih "

"Tiada yang diharapkan selain kekasih"

3.tewujudnya kerinduan

rindu (al isyqu) adalah tertariknya hati untuk menyaksikan dan memandang pada yang dicintai, dalam pemahaman ma'na yang lain al isyqu adalah api Allah yang dinyalakan dalam benak para kekasinya (auliya') hingga api itu membakar seluruh getaran, harapan, penglihatan serta kebutuhan yang ada dalam hati dimana api itu tumbuh dari adanya perasaan cinta.

Tiada yang ada dalam perasaan para pecinta kecuali rindu, cemas, dan gelisah, selalu terukir dalam benaknya kepribadian sang kekasih, tiada kata yang terucap tiada rintihan yang keluar dari mulut kecuali menyebut nama dan sifat sang kekasih.

Rindu sang pencinta dapat menghancurkan akal dan fikiran sehingga dengan rindu itu ia bersikap aneh seakan orang gila berbicara sendiri tanpa sebab menangis lalu tertawa.

(وحكى) ان رجلا من البصرة بكى لشوقه حتى ذهبت عيناه فقال

إلهى...الى متى لاألقاك فبعزتك لو كانت بينى وبينك نار تلتهب

مارجعت عنك بعونك وتوفيقك حتى أصل اليك ولاأرضى منك بدونك

كان أولياءالله لاخوف عليهم ولاهم يحزون يحبون الله

ورسوله أحقّ المحبّة ويعشقون ان يشا هدوا نوره وذاته لايلتفتون

الى أنفسهم بل فى قلو بهم وافكارهم أن لاموبود الاالله...الله...الله

وقيل فى الكتاب رجال المحبة لأحمد نصيح الدين وعبد الر قيب ومحمد فتح الرحمن

اذا انت لم تعشق ولم تدرى ما الهوى فأنت وعير فى الفلاةسواء

اذا انت لم تعشق ولم تدرى ما الهوى فكن حجرامن يابس الصخراء جامدا

اذا انت لم تعشق ولم تدرى ما الهوى فقم فا علف تبنا فأنت حمار

اذالم تذق فى هذه الدنيا صبوة فمو تك فيها والحياة سواء

وسأل ابراهيم بن ادهم الى شاب احد اولياء الله..ما علا مة حب الله)

قال حب ذكره..وما علامة المشتاق)..قال ان لاينساه فى كل حال

هذاشأن المحب حرصت وهمت قلبه لأمرالمحبوب لايريد

ان يلتفت مح

Al kisah tedapat seorang laki-laki Basrah yang menangis oleh kerinduanya hingga kedua mata menjadi buta ia berkata

"Wahai tuhanku … sampaikapan aku tidak bertemu denganMu, demi keagunganMu andaikan terdapat api yang berkobar menghalangiku utuk berjumpa denganMu, aku tidak akan kembali dengan atas pertolonganMu sampai aku dapat bertemu denganMu aku tiada rela dari Mu selain kaMu"

Para waliyullah tiada kehawatiran dan kegelisahan dalam dirinya, mereka sangat berlebih dalam mencintai Allah dan Rosulnya mereka rindu untuk melihat cahaya keagungan Allah , mereka sangat mendambakan untuk menyaksikan dzat Allah mereka tiada memperdulikan dirinya bahkan yang ada dalam benak dan fikiran adalah keagungan Allah, dalam kitab Rijalu Almahaba karya Ahmad-Nasihudin, Abdu-Rokib, M fadhurohman disebutkan

“andai engkau tak merasakan rindu.

"Dan tiada mengerti apa cinta itu

"Maka dirimu dan keledai di padang sahara

"Tiada yang berbeda di antara keduanya

" andai engkau tak merasakan rindu"

"Dan tiada mengerti apa cinta itu "

"Maka engkau adalah benda beku"

"Dalam sahara yang telah layu "

" andai engkau tak merasakan rindu"

"Dan tiada mengerti apa cinta itu"

"Maka berdirilah lalu makanlah jerami"

"Karna engkau adalah keledai"

"Jika engkau tiada merasakan cinta"

"dalam keterbatasan hidup di dunia"

"maka hidup dan matimu sama "

asyeh Ibrahin bin Adham bertanya pada salah satu pemuda waliyullah,

apa tanda cinta pada Allah ...?

pemuda itu menjawab "tandanya ialah mencintaiNya sepenuh jiwa raga

lalu ia bertanya lagi, apa tandanya orang yang rindu pada Allah ..?

pemuda itu menjawab "dia selalu tidak melupakan Allah dalam setiap waktu" inilah cermin sang pencinta, perasaan serta cemasnya sangat tinggi terhadap diri sang kekasih, ia tiada mengharapkan kecuali diri sang kekasih, jiwanya akan merana jika tidak melihat dan ketemu sang kekasih.

(فا علم) انّ المحبين على ثلاثة أقسام عوام وخواص وخواص الخواص

فاالعام محبتهم له تعالى لوفوراحسانه والخاص محبتهم له تعالى خالصة

عن الشوائب وخواص الخواص محبتهم عبارة عن التعشق الذى به ينمي

العاشق عند يخلى نور معشوقه.

قال الله تعالى الم يأن للذين أمنوا ان تخشع قلوبهم لذكرالله

وقال انما المؤمنون الذين اذاذكرالله وجلت قلوبهم فان صاحب الحشوع

في القلب والوجل بذكرالله تعالى قد يغيب عقله عن احترام الناس واعتبار

اهل المجلس فيقوم ويقعد ويدور يحدث نفسه بغيرمو جب صارخ

وقال الشاعر

من أحب شيئافهو عبده، وقال تعالى: قال ان كنتم تحبون الله

فاتبعوني يحببكم الله، هذه الاية تدل على ان المحبة الى الله والى رسوله

أمرواجب مهمّ على كل مكلف ومن جحده كان قدكفر ومأواه جهنم

بئس الشراب وسائت مر تفقا

وقيل : عجبت كيف تدعى محبة الله من غيراجتناب محارمه

ومن ادّعى محبة من غيراجتناب الشهوات فهو كذاب، ومن ادّعى

محبة الجنة من غيرانفاق ملكه فهو كذاب

قالت رابعة ولي الله تعالى

تعصى الاله وانت تظهر محبته هذا لعمرى فى القياس بديع

لوكان حبك صادقا لأطعته ان المحب لمن يحب مطيع

قال سهل بن عبدالله ما من يوم الا والجليل سبحانه وتعالى ينادي

Ketahuilah sesungguhnya para pecinta itu terbagi pada 3 kelompok

1 .awam

2 .khos

3 .khowasu al-khowas

Cinta seorang awam pada Allah karna menjaga dan mengimbangi atas kebaikan(ni'mat) Allah yang telah Allah berikan padanya

Cinta orang khos pada Allah adalah cinta yang murni dan tulus terlepas dari adanya percampuran percampuran, sedang cintanya khowasu-al-khowas adalah ibarah(interpretasi) dari kerinduan yang dengan kerinduan itu seseorang menjadi terhapus, lenyap, ketika kosong dari pantulan cahaya yang ia rindukan,

dalam salah satu ayat Allah berfirman….

dan ayat yang lain artinya "sesungguhnya niscaya orang –orang mukmin ketika di sebut nama Allah hatinya menjadi takut gemetar " maka sesungguhnya orang yang khusu' hatinya serta takut sebab nama Alah disebut itu terkadang akal dan fikirnya melayang, ia tiada memperdulikan manusia dan orang –orang di sekelilingnya ia berdiri lalu duduk, mondar mandir,bicara dengan sendirinya tanpa ada penyebab yang jelas,sebagian pepatah mengatakan "barang siapa mencintaui sesuatu maka ia menjadi pelayan dan budaknya"

Allah berfirman "katakana (wahai Muhammad)jika kalian mencitai Allah maka ikutilah aku (sebabnya) Allah akan mencintai kalian"

Ayat ini memberikan arti bahwa mencintai Allah dan Rosulnya merupakan perkara penting yang wajib bagi segenap mukallaf, bagi siapa saja yang mengingkari maka ia benar-benar telah kafir, tempaqt kembalinya adalah jahannam itulah sejelek-jeleknya

Dikatakan dalam Tanwiru Al-Qulub

"Aku kagum bagaimana kamu mengaku cinta kepada Allah sementara kamu tidak menjauh dari larangan-larangaNya, barang siapa mengaku cinta tanpa menjauhi syahwat (keinginan-keinginan) nafsu maka ia orang yang bohong,

Barang siapa mengaku cinta surga tanpa berkorban serta mengorbankan segala yang dimilikinya maka ia orang yang bohong

Waliyullah perempuan Robiah al-Adawiyyah bersyair :

"Engkau mendustai tuhan"

"Sedangkan engkau menampakkan cinta padanya"

"Ini merupakan persamaan yang aneh"

"Andaikan cintamu tulus dan nyata"

"Niscaya engkau akan selalu menaati perintahnya"

"Sungguh pecintah akan selalu taat pada sang kekasih"

قال سهل بن عبدالله ما من يوم الا والجليل سبحانه وتعالى يناد

عبدي...ماأنصفتني...اذكرك وتنساني، وادعوك إليّ وتذهب الى غيرى واذهب عنك البلايا وانت معتكف على الخطايا

ياابن آدم ماذا تقول غدا اذا جئتني...

ومابا لكم ايّهاالاخوان رحمكم الله تصرواعلى مخالفة ماامربه

الله ورسوله فكيف حالكم إذاكان الله هوالحاكم والملا ئكة

هم الشاهدون على مااسلفتم فى هذه الخراب وختمت افواهكم

وتكلمت ايد يكم وأرجلكم وجلودكم

ويشا هد المكان والزمان الذي كنا فيه لا يغيث الجاه

ولا تنفع الاولاد والأموال قال تعالى

۱- اليوم نختم على أفواههم وتكلمنا أيديهم وتشهد أرجلهم بماكانوا يكسبون

۲- يوم لاينفع مال ولا بنون الاّمن اتى الله بقلب سليم

۳- فمن يعمل مثقال ذرة خيرا يره ومن يعمل مثقال ذرة شرّا يره

فاذا وصل المحبّ الى غاية المحبة لله لايريد منه الاّرضاه

ينجلى سره ويفشى نور جلالته تعالى

فقال الشاعر

احبك لاارجو بذ لك جنة ولا أتقى نارا وانت مراد

اذاكنت لي مولى فاية جنة وايّة نار تتقى وتراد

وقال غيره

كيف تبقى للعا شقين ذنوب وهي من حرقة الفؤاد تذوب

كيف ينسي المحب ذكر حبيب واسمه فى فؤاده مكتوب

Sahal bin Abdullah berkata :”tiada hari kecuali allah yang bersifat agung selalu memanggil

Hambaku..... apa yang engkau sifatkan padaku...?

Aku mengingatmu ..engkau melupakanKu

Aku memanggilmu untuk menghadapKu

Engkau pergi dan berpaling menghadap selain Aku

Aku singkirkan cobaan darimu ,Engkau selalu berbuat kesalahan

Wahai anak cucu adam........

Apa yang akan engkau katakan saat engkau datang padaKu besok............?

Bagaimana keadaaan kalian wahai saudara-saudara ........?

Kalian terus menerus mengingkari perintah Allah dan Rosulnya bagaimana keadaan kalian besok jika Allah yang menjadi hakim, Malaikat menjadi saksi atas semua perbuatan yang telah kalian kerjakan di alam kehancuran ini, mulut kalian ditutup,tangan,kulit,kaki kalian berbicara serta tempat dan waktu yang telah kalian tempati menjadi saksi,pangkat dan anak tidak mampu menolong.

Allah berfirman :”hari ini kami telah menutup mulut-mulut mereka, tangan-tangan mereka berbicara kepada kami ,kaki-kaki mereka bersaksi atas apa yang mereka kerjakan”dan firman Allah”dihari yang harta dan anak tidak ada manfaatnya kecuali orang yang datang pada allah dengan jiwa yang baik(iman pada allah)”dan juga ayatAllah ”maka barang siapa berbuat kebaikan seberat atom (molekul)ia kan melihat (pahalanya)dan barang siapa berbuat kejelekan seberatmolekul juga akan melihat balasanya”.

Bila pecinta telah sampai pada penghujung cinta pada allah maka dia tiada akan mengharapkan darinya kecuali ridho rahasianya akan menjadi tampak sinar keagungan allah akan menyebar dalam relung hati dan jiwanya

Allah................

”Aku mencintaimu bukan karena eloknya surga”

”aku mencintaimu tiada sebab takut neraka”

”aku mencintaimu hanya engkau yang engkau yang ku harapkan”

”bila engkau telah menjadi penolongku ”

”Apapun surga yang diharapkan ”

”Apapun neraka yang ditakutkan (semua akan engkau anugerahkan )

Dalam syair yang lain disebutkan

”mana mungkin tersisa dosa para perindu”

”Dosa itu luntur dalam hati yang membakarnya ”

”Bagaimana pencinta melupakan kekasihnya ”

”Sementara nama kekasih telah terukir dalam lubuk hatinya”

وحكى) ان سيد الصوفى الجنيد دخل على السرّى السقطى في مرض موته

فقال له كيف نجدك؟...فقال

كيف اشكو الى الطبيب مابى والذي قد اصا بني من طبيبي

ليس لي راحة ولا شفاء من سقامي الابو صل حبيببي

ونقل امْين الكردى بقول احد ا ولياء الله

يامن شكا شوقه من طول فر قته اصبر لعلك تلقى من تحب غدا

(Al-kisah)

As-syeh Junaidi seorang sufi menjenguk ayeh As-Sirry as-siqty pada saat beliau sakit yang dengan sakit itu beliau meninggal, syeh junaidi bertanya

Apa yang dapat kami temukan darimu ? syeh berkata

”bagaimana aku mengeluh pada dokter”

”Tentang penyakit dalam diriku ”

”Apa yang telah terjadi padaku ”

”Adalah kiriman dari Dokterku”

”Tiada senang dan kesembuhan darisakitku”

”Kecuali aku bertemu dengan Dokter kekasihku”

Amin al-kurdy menukil dari kalam syair

”wahai pengadu tentang rindunya dari lamanya perpisahan”

Sabarlah .....barangkali engkau besok akan bertemu dengan kekasihmu”

Wahai sang Rosul

ياحبيب سلام عليك ياررسول سلام عليك

صلى الله على محمد صلى الله عليه وسلم

مرحبا يامرحبا يامرحبا مرحبا جدا الحسين مرحبا

يانبى سلام عليك يارسول سلام عليك

ياحبيب سلام عليك صلوات الله عليك

اشرق البدر علينا فاختفت منه البدور

مثل حسنك ما رأينا قط ياوجه السرور

انت شمش انت بدر انت نورفوق نور

انت اكسير وغالي انت مصباح الصدور

ياحبيبى يامحمد ياعروس الخافقين

يامؤيد ياممجد ياامام القبلتين

من راىوجهك يسعد ياكريم الوالدين

حوضك الصافى المبرد وردنايوم النشور

مارأيناالعيس حنت باالسرى الااليك

والغمامة قداظلت والملا صلوا عليك

واتاك العوديبكى وتذلل بين يديك

واستجارت ياحبيبى عندك الظبي النفور

عندما شدوا المحامل وتنادوا للرحيل

جئتهم والدمع سائل قلت قف لي يادليل

Rahmat Allah teruntuk Muhammad

Rahmat dan salam teruntuk baginya

Selamat datang - Selamat datang

Selamat datang wahai kakek husain

Wahai nabi salam untuk mu

Wahai rosul salam untukmu

Wahai kekasih salam untukmu

Rahmat allah teruntuk bagimu

Rembulan terbit untuk kita

Darinya rembulan-rembulan menjadi redup

Kami tiada melihat seperti keelokanmu

Sama sekali tidak wahai yang mempunyai wajah yang menyejukkan

Engkau matahai engkau rembulan

Engkau cahaya diatas cahaya

Egkau obat mu;jiat engkau amat berharga

Egkau pelitanya hati

Wahai kekasihku muhammad

Wahai yang memadukan barat dan tmur

Wahai rosul yang dikuatkan dan diagungkan

Wahai pemimpinya dua kiblat (arah)

Siapayang melihatmu akan beruntung

Wahai orang yang mulia kedua orang tuanya

Telagamu jernih dan sejuk

Kami mendatanginya dihari kebangkitan

Kami tiada melihat onta pilihan yang bersuar

Dengan kegembiraan kecuali kepada engkau

Awan telah melindungi (mu)

Mahluk telah bersolawat kepadamu

Batang kayu (aku) datang padamu dengan menangis

Dan merasa hina dihadapanmu

Datang minta perlindungan wahai kekasih

Kijang yang berhamburan (aku) memohon perlindungan

Sewaku mereka telah menguatkan beberapa muatan

Mereka saling memanggil untuk keberangkatan

Aku datang pada mereka dengan linangan air mata

Ku katakan berhentilah untukku wahai sang penunjuk

هل تحمل لى رسائل ايها الشوق الجزيل

نحوهاتيك المنازل باالعشي والبكور

كل من فى الكون هاموا فيك ياباهى الجببين

ولهم فيك غرام واشتياق وحنين

فى معانيك الانام قدتبدت حائرين

انت للرسل ختام انت للمولى شكور

عبدك المسكين يرجو فضلك الجم الغفير

فيك قداحسنت ظني يابشير يانذير

فيك يابدر تجلى فلك الوصف الحسين

ليس ازكى منك أصلا قط ياجد الحسين

فعليك الله صلّى دائما طول الدهور

..................... يارفيع الدر جات

Apakah engkau bebankan beberapa risalah untukku

Wahai kerinduan yang agung

Kearah tempat-tempat perlindunganmu

Diwaku pagi dan petang

Siapapun orang dialam nyata ini merasa cemas

Padamu wahai yang keningnya bersinar

Mereka (menyimpan) cinta yang menyala padamu

Dan juga kerinduan dan kerinduan

Makhluk (rindu) dengan pertolonganmu

Mereka benar-benar dalam keadaan bingung

Engkau pungkasan bagi para utusan

Engkau yang banyak bersyukur kepada tuhan sang penolong

Hambamu yang miskin berharap

Pada limpahan anugerhMu wahai yang maha mengampuni

PadaMu aku berbaik perasangka

Wahai yang memberi habar bahagia dan duka

Tampak jelas didalammu wahai Rosul bagaikan rembulan

Bagimu adalah sifat yang indah

Tiada yang lebih suci jernih darimu

Sama sekali tidak ada wahai kakek husain

Rahmat Allah teruntuk bagimu

Selamanya dan sepanjang masa

Wahai Allah yang menolong kebaikan

Wahai dzat yang mengangkat derajat

Wahai yang menolongku ....

Dalam berbagai perkara yang menjenuhkan

Beruntung seorang hamba yang bermesraan dengan kekasinya

Dan kesusahanya dapat terhapuskan

كفر عني الذنوب واغفر عني السيئات

انت غفار الخطايا والذنوب الموبقات

انت ستار المسوى ومقيل العثرات

عالم السر وأخفى مستجبيب الدعوات

رب فارحمنا جميعا بجميع الصاحات

وصلاة الله تفشا عد تحريرالسطور

احمد الهارى محمد صاحب الوجه المنير

Leburlah dosa-dosaku

Dan ampuni segala kejelekanku

Engkau yang menutupi kejelekan

Dan memaafkan kesalahan

(Egkau) mengetahui rahasia yang samar

Yang mengabulkan berbagai permintaan

Tuhanku.............. kasihilah kami semua

Dengan (memberi)beberapa kebaikan

Rahmat Allah mampu menyebar

Bagaikan bilangan baris-barisnya surat kabar

Pada Rosul yang menunjukan

yang mempunyai wajah bersinar

Wahai (Muhammadi ) bulan purnama yang telah memperoleh kesempurnaan

Bagaimana lisanku mengutarakan atas kesempurnaanmu

Engkau yang telah menyinari cakrawala keagungan

Engkau hapus segala kesesatan dengan cahaya

Karena engkau alam menjadi terang wahai yang mengerti petunjuk

Dengan cahaya, kenikmatan serta anugerah

Allah tuhanku telah bersholawat padamu

Untuk selamanya diwaktu siang dan petang

Dan teruntuk segenap keluarga, sahabat

Serta terhadap orang yang Tuhan semesta alam telah beri kekhususan kesempuraan baginya.........................................................

فى حب سيدنا محمد نولبد والهدى متمم

قلبى يحنّ الى محمد ما زال من وجده متيم

مالى حبيب سوى محمد افناه ثم به تهيم

فى الحشرشافعنا محمد منجى الخلائق من جهنم

ميلادسيدنا محمد ام القرى بلد معظم

احيا الرجازمنامحمد مولاه سلمه وكلّم

ادعوك احمد يامحمد ياسيد الرسل المقدم

انتفع الى الله يامحمد يوم القيامة كى اُنَقم

أرجو الثقاعة من محمد لوكنت ارتكب المحرم

منجا وملجأنا محمد يوم الهوان به تحشم

والنورجاء به محمد والحق بيت ؟؟كلم

اعلا السماء سما محمد جبريل قل له تقدم

والجند حين غزا محمد منهم ملائكة تسوّم

والدين اظهره محمد والكفرابطله فهدم

صلى الاله على محمد والال علهم و؟؟

وصلا الله على محمد وعلى صحبه

Didalam cinta pada tuanku Muhammad

Terdapat cahaya bagi sinarnya petunjuk yang sempurna

Hatiku rindu pada Muhammad

Yang bila mulai menemukannya akan selalu menjadi budak cinta

Tiada kekasih bagiku selain Muhammad

Sebaik-baik rosul yang dimulyakan

Rindunya pencinta pada Muhammad

Mampu memusnahkanya lalu menjadi linglung seperti orang gila

Muhammad penolong kami dihari Makhsyar(kiamat)

Yang menyelamatkan makhluk dari jahannam

Tempat lahirnya tuanku Muhammad

Makkah negara yang diagungkan

Muhammad yang menghidupkan zaman kegelapan

Tuhanya menyelamatkanya dan berfirman padanya

Aku memanggilmu aku memujamu wahai Muhammad

Wahai tuanya para rosul yang sudah terdahulu

Mintakan pertolongan pada Allah wahai Muhammad

Dihari kiamat...................................

Aku berharap syafaat dari Muhammad

jikalau aku selalu berbuat yang diharamkan

tempat keselamatan dan perlindungan kami adalah Muhammad

dihari kehinaan dan hari yang dapat memalukan

Muhammad membawa cahaya

jikalau ia berkata menjelaskan kebenaran

paling atas langit dan diatas Muhammad

adalah jibril yang mendahului Muhammad berbicara

dikala Muhammad perang, kelompok tentara(datang membantu)

diantaranya Malaikat maju menyerang

Muhammad telah menampakkan agama

Muhammad telah membatalakan kekufuran serta merusakanya

rahmat tuhan teruntuk Muhammad

dan segenap keluarga serta keselamatan

صلى الاله على النور الذى ظهر لنابشهر ربيع الاول اشتهر

امناءت الأرض نورا يوم مولد واصبح الكون من انفاسه عطر

هوالذى نارت الدنيابطلعته وسره فى قلوب العارفين سرا

من بطن امنة العالمين بدا مولودحسن سناه يحجل القمر

جاءت ملا ئكة الرحمن تشهده كيماتمتع من انواره النظر

طافوابه الارض والاكوان اجمعها ................................

tuhan telah bersholawat pada cahaya yang terang

pada kami dibulan Robiul al-awal

bumi terang bersinar dihari kelahiranya

Alam menjadi harum oleh hembusan nafasnya

Dialah yang dunia berkilau dengan kedatangannya

Rahasianya mengalir dalam hati orang-orang yang ’arif

Ia lahir dari perut Aminah untuk alam semesta

Sinar kelahirannya mampu menghalangi sinar rembulan

Malaikat datang untuk menyaksikan

........................................

Merka membawa nabi keliling bumi dan alam raya

Supaya manusia menyaksikan rahasia yang tertutup

Mereka memberi habar ibunya tentang isi kandungan

Dengan kebanggannya bitullah menjadi agung

Dialah yang semua isi alam sangat mencintainya

Serta bila namanya disebut akan menggembirakan sang pencinta

Inilah anak yatim, fakiryang terhias oleh kemuliaan

Karenanya para yatim dan fuqoro’dimulyakan

inilah nabi yang andai tiada karena keagunganya

makhluk jin, manusia tidak akan diciptakan

nabi yang jikalau seseorang ziarah dimaqomnya

akan memperoleh kesenangan, anugrah dan semua yang dihajatkan

tuhan arsy telah bersholawat padanya

selama burung dara masih mensihir diats ranting yang menggiurkan

طلع ابدر علينا من ثنيتة الوداع

وجب الشكرعلينا مادعا لله داع

ايها المبعوث فينا جئت باالامر المطاع

انت غوثنا جميعا يامجمل الطبساع

كن شفيعاياحبيب يوم حش واجتماع

ربناصل على من حل فى خيرالقاع

فاسبل السقر علينا واكفناشرالننراع

واغثنافى البلاي يامفيثاكل داع

وصلاة الله دواما للنبي شمش البقاع

وكذا ال وصحب ماسعى الله ساع

rembulan (Muhammad) telah terbit pada kita

dari bukit wada’

kita wajib bersyukur

selama peminta selalu meminta allah

wahai rosul yang diutus pada kami

engkau datang denga membawa perintah yang ditaati

engkau yang menjadi penolong kami semua

wahai rosul yang dibaguskan karakternya

jadilah engkau sebagai penolong kami wahai kekasihku

dihari penggiringan dan hari terkumpulkan

wahai tuhan kami limpahkan sholawat

pada seorang yang tinggal ditempat yang paling baik

turunkantutup (penghapus kesalahan )pada kami

dan jagalah kami dari kejelekan pembangkang

tolonglah kami dalam segala bencana

wahai dzat yang menolong para peminta

rahmat allah (teruntuk )selamanya

pada nabi yang menjadi mataharinya berbagai penjuru

melebar pada segenap keluarga dan sahabat

selama yang berusah selalu berjalan dijalan Allah

Wahai tuhanku limpahkan rahmat teruntuk Muhammad

Tuhanku limpahkan rahmat dan salam pada Muhammad

Tuhanku sampaikan padanya sebagai pelantara

Tuhanku khususkan beliau dengan keutamaan

Tuhanku ridhoilah para sahabat

Tuhanku ridhoilah para sanak family

Tuhanku ridhoilah para guru

kasihanilah orang tua kami

Tuhanku kasihanilah kami sekalian

Tuhanku kasihanilah setiap muslim

Tuhanku ampunilah setiap dosa

Tuhanku jangan Engkau putus harapan kami

Wahai Tuahanku yang mendengarkan permintaan kami

Tuhanku sampaikan kami ziarah pada Nabi

Tuhanku tutuplah kami dengan cahaya Nabi

Tuhanku (tempatkan kami )dalam perlindungan dan keamanan Mu

Tuhanku tempatkan kami dalam surga Mu

Tuhanku selamatkan kami dari siksa Mu

Tuhanku berkahilah rizky dengan mati syahid

Tuhanku tetapkan kami dengan keberuntungan

Tuhanku bagusilah setiap yang berbuat baik

Tuhanku cukupkan (selamat)kami dari segala yang menyakitkan

Tuhanku tandailah (patenkan) kami sebagai orang yang diberi syafaat

Tuhanku limpahkan sholawat salam baginya (Muhammad)

الهي لست للفردوس اهلا ولا اقوى على النار الجحيم

فهب لي توبة واغفر ذنوب فانك غغافر الذنب العظيم

وعمري ناقص في كل يوم وذنبي زائد كيف احتمال

ذنوبي مثل عدد الرمال فهب لي توبة يا ذالجلال

الهي يا الهي الهي يا اله الهي توبة قبل مماتي

Tuhanku aku bukanlah (tidak layak )penduduk surga

Dan (tapi) aku tidak kuasa berada dineraka

Berilah taubat dan ampunkan segala dosaku

Sebab Engkau yang mengampuni berbagai dosa

Usiaku berkurang setiap hari dan waktu

(sementara)dosaku bertambah tanpa terkira

Dosaku bagaikan bilangan pasir

Berilah aku taubat wahai dzat yang maha agung

Tuhanku Engkau yang mempunyai keagungan dan kelembutan

Tuahanku terimalah taubat sebelum kematianku

Nur (cahaya)Muhammad

Nabi muhammad lahir dari kabilah quraisy yaitu satu kabilah ternama dan disegani oleh bangsa arab pada saat itu, banyak dari kabilah itu yang menjadi kepala daerah,pembesar, pejabat, sehingga dengan demikian kabilah tesebut merupakan kabilah ningrat, bangsawan, yang punya posisi tertinggi dari kabilah lain

Abdullah bin Abbas seorang sahabat Rosululloh pernah menceritakan hadits dari beliau Rosululloh bersabda”quraisy dulu asalnya berbentuk cahaya yang ada dihadapan Allah SWT. Selama dua ribu tahun sebelum Allah menciptakan Adam, cahaya itu selalu bertasbih mensucikan Allah yang kemudian diikuti oleh para Malaikat . sewaktu Allah menciptakan Adam yang bahan bakunya dari tanah liat ,Allah menempatkan cahaya itu didalamnya,lalu

Nabi bersabda

“Maka aku (Quraisy yang berbentuk cahaya yang pada akhirnya merupakan wujud Rosululloh saw)diturunkan kebumi berada dipunggung nabi Adam lalu cahaya itu berada diperahu nabi Nuh tepat ditulang punggung nabi Nuh sewaktui ada banjir bandang , kemudian cahaya itu berada ditulang punggung nabi Ibrahim sewaktu ibrahim dilempar dalam api oleh raja Namrud bin Kan’an.,Setelah itu cahaya (Nur Muhammad) berpindah-pindah dari tulang punggung satu ke yang lain sehingga pada akhirnya cahaya itu berada dirahim yang suci (rahim Aminah)dan dikeluarkan oleh Allah dalam bentuk Rosululloh Muhammad saw

Silsilah Nabi Muhammad

Muhammad Rosululloh dilahirkan dengan ayah yang bernama Abdullah bin Abdu al-Muttolib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushoy bin Kilab bin Murroh bin Ka’b bin Luay bin Gholib bin Fihrin bin Malik bin Nadzr bin Kinnah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudzar bin Nizar bin mM’d bin Adnan.

Sedangkan ibunya bernama Aminah bin Wahab bin Abdi Manaf bin Zuhroh bin Kilab

Jadi antara Abdullah dan Aminah bertemu nasabnya yaitu kilab.

Sifat fisik Nabi Muhammad

Nabi Muhammad merupakan paling bagus-bagusnya manusia baik akhlak maupun kondisi fisiknya, wajanya putih bersinar, mulutnya indah, kepalanya tidak kecil tapi standar, keningnya halus mengkilab alisnya tipis cantik,keningnya lebar berkilau,Bola matanya hitam pekat dan matanya agak lebar bukan sipit dan bening, hidungnya mancung, kedua pipinya lurus dan lemas, jenggotnya tebal, jari-jarinya tebal tidak kecil-kecil, lengannya tidak kuru, pundaknya lebar,dadanya lapang,perawakanya tidak tinggi dan tidak pendek, rambutnya berombak, suaranya merdu, tertawanya adalah senyum, berjalanya tegak(tidak membungkuk) seakan turun dari tanah yang menurun, ketika menengok maka menengok dengan menghadap seluruh badannya bukan hanya wajah saja, aromanya segar dan wangi.

Istri-istri Nabi Muhammad

Istri nabi yang telah beliau duhul berjumlah 11 orang, sebelum beliau wafat ada dua istri beliau yang meninggal lebih dahulu yaitu:

  1. khodijah binti khuwalid
  2. zainab binti khuzaimah

Khodijah sebelum dinikah oleh Rosululloh telah menikah dengan ‘Atiq bin A’idz al-makhzumy dan melahirkan anak yang bernama Abdullah dan anak perempuan , pernikahanya dengan ‘Atiq tidak begitu lama karna sang suami lebih dahulu dipanggil Allah

Sepeninggal ‘Atiq,Khodijah dinikah oleh Abi Halah dan pernikahan khodijah dengan abi halah ini dianugerahi dua anak yang diberinama Hindun dan zainab, sama seperti ‘atiq, Abi Halah tidak begitu lama telah menghembuskan nafas terakhir kembali dihadapan Allah, lalu diusia 40 tahun Khodijah menikah dengan Rosululloh yang saat itu usia Beliau menginjak 25 tahun.

Pernikahan antara Rosulalloh dengan khodijah dianugerahi beberapa anak yaitu:

  1. Qosim (meniggal dimakkah berusia 2 tahun)
  2. Zainab (meninggal tahun 8 H)
  3. Ruqoyyah (meninggal bulan ramadhan tahun 2 H)
  4. Fatimah (meninggal bulan ramadhan tahun 11 H)
  5. Ummu kulsum (meninggal tahun 9 H)
  6. Abdullah (meniggal dimakkah)

sedangkan Ibrahim itu hasil pernikahan nabi dengan Mariyyah al-Qibthiyyah.

setelah khodijah wafat, nabi menikah dengan zainab binti khuzaimah, zainab ini yang dijuluki dengan sebutan ummul masakin (ibunya orang-orang miskin)hal itu dikarenakan oleh rasa kasih sayang dan belas kasih beliau pada orang-orang miskin pernikahannya berjalan + 2 bulan

Rosululloh meniggalkan istri yang berjumlah 9 yaitu:

  1. Aisyah binti Abi Bakar
  2. Hafshoh binti Umar bin Khottob
  3. Saudah binti Zam’ah
  4. Shofiyyah binti Huyyai bin akhthob
  5. Maimunah binti Harits bin khazn
  6. Romlah binti abi sufyan bin harb
  7. Ummu Salamah binti Abi Umayyah bin Al-Mughiroh al-Mahzumy
  8. Zainab binti Jahsyin
  9. Juwariyyah binti Al-Harits Al-Khozaiyyah

Hikmah dari pernikahan nabi

Banyak orang gila barat yang menyebut nabi termasuk manusia mania sex karena mereka memandang dengan mata buta mereka, nabi menikah lebih dari empat karena ada tujuan yang sifatnya al-maslaha, al-ammah bukan karena memenuhi kebutuhan biologisnya semata, dibawah ini coba kita cermati

1-Khodijah binti Khuwailid

pada usia 25 tahun Rosululloh menikah pada Khodijah yang usianya mencapai 40 tahun khodijah merupakan sosok wanita sholihah yang teguh teradap agama beliau sodagar kaya, jujur dan yang tidak kedoyan (hubbu addunya)semata-mata demi kesejahteraan umat.beliau wanita yang cerdas dan alim,nabi menikah dengannya karena demi menopang da’wah agama islam yang merupakan risalah dari Allah. Dimana da’wah dibutuhkan pendukung fasilitas yang memadai diantaranya ialah berkaitan dengan finansial dan nabi menikahi khodijah bukan karena hartanya, karena nabi tidak butuh uang tetapi butuh pada pendukung da’wah ajaran islam yang terkadang membutuhkan uang, pernikahan nabi dengan khodijah berlangsung selama 25 tahun dengan dianugerahi beberapa putra-putri, pada usia 65 tahun khodijah wafat yang pada saat itu nabi berusia 50 tahun

2-Saudah binti zama’ah

selama berkeluarga dengan khodijah nabi tidak menikah dengan orang lain baru setelah khodijah wafat nabi menikah dengan saudah dimana usia saudah 55 tahun lebih tua terpaut 5 tahun dari nabi. Saudah adalah janda dari sahabat Sakron bin Amru Al-anshory, suaminya meninggal pada saat hijrah kehabasyah yang ke-II, bila saudah kembali kekeluarganya maka mereka akan menyiksa dan memaksa untuk kembali keajaran syirik. Sementara dimadinah beliau tidak punya keluarga maka melihat itu sekaligus menyelamatkannya nabi menikahi.

Dengan realita seperti ini apakah nabi dikatakan mania sex?

sungguh picik dan gila orang yang mengatakan itu andai nabi manusia sex naib pasti akan menikahi gadis-gadis cantik dari pada para janda tua

3-Aisyah Binti Abu Bakar

Aisyah dinikahi nabi pada usia 7 tahun namun baru di duhul setelah berusia 9 tahun . Aisyah adalah satu-satunya istri nabi yang masih gadis. Pernikahan nabi ini bukan memandang Aisyah seorang gadis cantik namun karena kejeniusan atau keintelektualaan Aisyah dan juga demi menyelesaikan problem terlebih masalah kewanitaan yang mungkin para sahabat perempuan agak malu tanya berterus terang pada nabi, tujuan kemaslahatan lain yang bersifat umum diantara yaitu menyabung dan mempererat hubungan silaturrahmi dengan keluarga abu bakar yang beliau merupakan sahabat karib dan setia

4-Hafshah Binti Umar

Sebelum dinikah nabi, Hafsah adalah janda dari Hunais ibnu Hudzafah al-anshory merupakan sahabat pemberani yang sahid diperang Badar, sebelum dinikah nabi ,umar menawarkan pada Utsman , beliau tidak bersedia karena telah merasa bangga telah menikah dengan putri nabi ,lalu ditawarkan pada abu bakar beliau juga tidak bersedia karena nabi pernah bicara pribadi pada abu bakar bahwa nabi ada keinginan untuk menikah dengan Hafsah.

Hafsah adalah wanita yang ahli ibadah, ahli puasa, nabi menikah karena disamping menyambung dan mempererat hubungan kekeluargaan denga Umar karena pribadi Hafsah yang taat pada ajaran naib bukan karena fisiknya .

5-Zainab Binti Khuzaimah

Setelah Hafsah wafat nabi menikah dengan Zainab yang merupakan janda dari Ubaidah Al-Harits bin Abdu Al-Muttolib yang sahid dalam perang Badar, pada saat itu usianya mencapai 60 tahun. Suaminya meninggal saat peperangan dan beliau ikut andil dalam perjuangan dengan mengobati para sahabat yang luka dan beliau sangat tegar dan tabah meskipun sang suami meninggal beliau tetap berjuang, melihat ketabahan dan kesabaran itu nabi lalu menikahinya, usia pernikahanya sekitar 2 tahun setelah itu beliau wafat.

6-Zainab Binti Jahsyin

Zainab adalah seorang janda dari Zaid bin Harits yang bukan karena wafatnya zaid, tetapi kerena ditalaq, Zainab seorang keturunan bangsawan sementara zaid merupakan anak asuh nabi sekaligus sebagai hambanya, saking dekatnya zaid dengan nabi karena dirawat mulai sejak kecil Sehingga kaum mengatakan Zaid bin Muhammad (attabany)untuk menghilangkan salah persepsi yang demikian naib menikahkan Zaid dengan Zainab,pada dasarnya Zainab enggan karena merasa bukan satu Kufu tidak se-level demi menghilangkan sifat keberpihakan pada satu kelompok dan menganggap remeh terhadap kelompok bawah nabi menikahkan dengan zaid karena islam dibangun bukan keberpihakan pada satu golongan namun atas dasar ketaqwaan.

Berangkat dari tidak adanya cinta dari zainab maka rumah tangganya dengan zaid tergoyah sehingga banyak kesalah fahaman diantara keduanya yang berahir pada tholaq, atas petunjuk Allah setelah tholaq itu akhirnya zainab dinikahi oleh beliau Rosululloh Saw

Hikmah pernikahan nabi dengan zainab bukan karena zainab dari bangsawan namun karena untuk menghilangkan salah persepsi bahwa anak asuh bukan anak dari nabi (ibtholu attabanny).

7- Hindun binti Abi Umayyah bin Al-Mughiroh al-Makhzumiyyah

Sebelum dinikah nabi, Hindun termasuk janda dari Abdullah bin Abdu Al-Asad yang termasuk golongan orang-orang yang dahulu dalam memeluk islam (assabiquna al-awwalun)abdullah hijrah kehabasyah dengan hindun ditengah perjalanan beliau melahirkan seorang anak perempuan yang diberi nama Salamah, Abdullah wafat dan syahid dalam perang Uhud dengan meninggalkan 4 anak yatim.

Melihat kondisi itu nabi berkehendak untuk meminang. Hindu berkata “aku punya banyak anak yatim dan aku telah tua serta aku sangat cemburu “nabi menjawab “(oleh karena itu )aku yang akan merawat anak-anak yatim aku akan berdo’a semoga sifatmu itu bisa hilang “disamping itu karena hindun tergolong wanita sholihah yang cerda.

7- Sofiyyah binti huyyai bin akhdhob

Beliau termasuk tawanan pada waktu perang khoibar dan suaminya meninggal pada saat perang itu suaminya seorang kafir, beliau soffiyah termasuk tuanya bani Quroidhoh (kelompok yang sangat membenci nabi dan islam )nabi menawarkan dua pilihan pada soffiyah

  1. kamu (soffiyah )aku jadikan budak lalu aku nikah
  2. atau engkau aku bebaskan dan kembali kekeluargamu

Sofiyyah menjawab “aku lebih mencintai Allah dan Rosulnya sebelum ini” nabi menikah soffiyyah karena terdapat unsur siasiyyah (siasat polotik)yaitu : soffiyah termasuk tuanya(sayyid)bani Quroidzoh yang sangat membenci nabi dan orang muslim, maka dengan adanya hubungan emosional serta kekeluargaan akan melunturkan sifat anti pati itu .

Dengan izin Allah setelah nabi menikah dengan soffiyah banyak kaum Quroidhoh yang masuk islam

8-Romlah binti abi Sufyah bin Harb

Nabi menikah dengan Romlah pada tahun 7 hijriyah, beliau termasuk janda dari Ubaidillah bin Jahsyin ayahnya yaitu Abu sofyah merupakan orang yang paling benci dan memusuhi nabi dan islam, Romlah masuk islam waktu dimakkah, demi menyelamatkan aqidah maka dengan suaminya beliau hijrah kehabasyah, disaat itu dimana Romlah tidak ada kerabat,famili ia hidup sendiri nabi meminangnya disamping juga untuk meluluhkan hati aby sofyah karena pada umumnya bila ada hubungan kekeluargaan amarahpun menjadi reda, dengan izin allah harapan nabi dikabulkan Abu sufyah beserta kaumnya menjadi lunak terhadap nabi setelah mereka mendengar berita tentang pernikahan antara Romlah dengan naib Muhammad.

9- Juwairiyyah binti Al- harits Al-khozaiyyah

Beliau termasuk tuanya bani Mustholiq (kelompok yang sangat memusuhi nabi dan kaum muslim sama seperti bani Quroidhoh) suaminya seorang kafir yang mati saat memerangi orang muslim pada kejadiaan perang Muroisi’,Juwairiyyah karena ikut pada peperangan maka ia termasuk Ghonimah (rampasan perang) yang dijadikan tawanan. Karena juwairiyyah adalah golongan bangsawan yang punya pengaruh serta power dalam kabilahnya maka demi menarik yang lain nabi menjadikan juwairiyyah sebagai istri dengan tujuan keluarga dan kaumnya akan bersifat lunak tidak memusuhi orang muslim.

10- Maimunah binti Al-harits Al-Hilaliyyah

Nama aslinya adalah Barroh beliau seorang janda dari Abu dhohmin bin abdu Al-‘uza, nabi menikah dengan Maimunah karena (menurut sebagian pendapat) yang menjodohkan adalah paman beliau Abbas dan dengan tujuan mempererat tali persaudaraan,beliau termasuk istri terakhir Rosululloh Saw

Dengan uraian diatas maka tampak jelas bahwa pernikahan nabi dengan para Ummahatul Mu’minin bukan didasari oleh libido biologis yang tinggi namun atas dasar:

  1. menolong para janda dan anak yatim
  2. mempererat tali silaturrahmi
  3. siasat agar muslim tidak dimusuhi oleh kaum kafir
  4. mengantisipasi terjadinya problem yang berkaitan dengan keluarga khususnya, masyarakat pada umumnya

maka sangat ironi jika masih ada yang bilang nabi termasuk mania sex (na’u dzu billah min dzalik )semoga kita dihindarkan dari sifat buruk dan keji itu.

PENUTUP

kecemasan sanksi atas segala yang terbuat selalu menghantui dalam setiap renungan, perasaan salah serta menyesal pada yang telah berlalu mencoba untuk terus diingat, disisi lain roda masa terus beputar melaju pesat hingga berada di tepian batasan usia diwaktu senja.

Keindahan serta keperkasaan sang surya kesempatan semakin meredup, tertutup oleh kondisi fisik dan psikis yang menua, didepan mata samudra kebodohan luas membentang tak terhingga, jauh disana berdiri sebuah bangunan kecil, sempit tepat diatas derasnya ombak kehidupan dunia,

Didalam bangunan itu terdapat layanan penerbangan menuju alam keabadian, yang siapa pun akan pergi menuju bangunan itu demi memperoleh tiket menuju pulau akhirat, karena namanya telah tercantum dalam daftar buku induk ajal yang ada diberkas taqdir ilahi

Dua pulau yang ditawarkan dalam setiap penerbangan yaitu pulau panas, kering, kotor dan hina dan yang satu pulau indah, sejuk, asyik serta menyenangkan,petugas hanya menerima ibadah dengan khusuk, penuh pengabdian seta menjalankan semua titahNya sebagai syarat penerimaan tiket menuju pulau indah, asri.

Sedangkan syarat penerimaan tiket kepulau panas yaitu dengan maksiat, mungkar, dusta dan semua bentuk durhaka.

akhirnya usaha penilis ini sebagai bentuk rasa cinta atau mahabbah pada Allah dan sang kekasih, idaman, pujaan serta pelipur hati baginda Muhammad Saw semoga penulis diakui sebagai ummat yang mendapat syafaat didunia dan akhirat

Malang,21-03-2009

Nur Aziz

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar